Bisik-bisik sekitar Kapitel Umum OCD di Fatima Portugal

P. General OCD
P. General OCD

Sejak tanggal 18 April hingga 8 Mei 2009 yang akan datang, Pater eks General OCD, P. Luis Gamboa Arostegui, OCD para defenitor general dan Pater General yang baru, P. Saverio Canistrá, OCD serta para Pater Provincial OCD dan Vicaris OCD sedunia berkumpul di Fatima, di Biara dekat gua penampakan Bunda Maria. Tentunya ada banyak informasi yang bisa digali dari pertemuan amat penting buat OCD sedunia itu. Tapi yang tidak kalah pentingnya juga kalau kita mengetahui siapa-siapa saja yang telah dipilih menjadi pengendali Ordo selama enam tahun ke depan:

Pater General yang baru: P. Saverio Canistrá, OCD.
Dewan General:
P. Albert Wach dari provinci Cracowia, Polandia.
P. Agustine Mullor dari propinsi Manjumel, India.
P. Robert Paul dari provinsi Avignon, Prancis.
P. Marco Juchem dari provinsi Brasil do Sur, Brasil.
P. Peter Keong dari propinsi Korea, Korea Selatan.
P. George Tambala dari kevikariatan Malavi, Malavi-Afrika.
P. John Grennan dari propinsi Anglo-Irlandia, Inggris.

Apa harapan yang bisa didapat dari Kapitel Umum saat ini? Mungkin inilah pertanyaan penting untuk kita. Yang diharapkan agar Karmel OCD bisa berperan lebih aktif buat Tuhan, Gereja dan sesama dari semangat kekayaan spiritual yang dikandungnya. Satu hal yang tidak kalah penting yakni agar panggilan menjadi Pastor Karmel dan juga Suster Karmel hendaknya ditumbuhsuburkan, terutama di daerah-daerah yang sedang mengalami krisis panggilan.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Salah satu putra Indonesia juga turut berpartisipasi dalam pertemuan akbar ini. Vicariado Indonesia, P. Chris Surinono, OCD, tentunya sudah meretas jalan bagaimana menjawab tantangan dan kesulitan-kesulitan zaman ini, khususnya secara konkret di Indonesia. Bagaimana menempatkan OCD dalam kontek kultural, sosial, ekonomi dan religi Indonesia adalah ide-ide penting yang tentunya sudah dan sedang digodok bersama dewan dan anggota OCD se-Indonesia. Semoga OCD Indonesia semakin maju, semakin menemukan jati dirinya di tengah masyarakat Indonesia dan dapat semakin berkiprah dalam membangun manusia secara lokal, regional dan tentunya juga global. Semoga Tuhan memperhatikan dan mendampingi kita.

John Lebe Wuwur
Estudiante de la Facultad de Teologia del Norte De España
Vitoria – Gastiez
Pais Vasco
España

Demikian untuk sementara berita dari “pemilihan umum” sedunia dari para Carmelitas OCD, yang tepatnya berlangsung di Biara Karmel “Domus Carmeli” Fatima – Portugal.