MENGENAL LEBIH DEKAT P. SAVERIO CANISTRÁ, SANG GENERAL OCD

P. General (memegang map) didampingi P. Pedro Zubieta, OCD
P. General (memegang map) didampingi P. Pedro Zubieta, OCD

P. Saverio Cannistrá dari Hati Kudus Yesus, OCD, seorang pastor Karmel berkebangsaan Italia, lahir di kota Catanazaro, pada tanggal 3 Oktober 1958. Hitung-hitung beliau sekarang berusia 50 tahun saat ia dipilih menggantikan P. Luis Aróstegui Gamboa, OCD (70 tahun) sebagai Prior General. Kelihatan dari fotonya, P. Saverio adalah orang yang mudah senyum dan berjanggut. Ia pernah menekuni studi philology di Sekolah Normal (Scuola Normale) dan kemudian bekerja sedikit waktu di Einaudi Publishing House.

Ia kemudian menjalankan tahun novisiatnya di Propinsi Tuscany, Italia pada 1985. Kaul pertamanya diucapkannya pada 17 September 1986. Kemudian, kaul agungnya diucapkannya pada 1990 dan ditahbiskan imam pada 24 Oktober 1992.

Setelah menjadi imam, P. Saverio diminta untuk menekuni studi Teologi Dogmatik di Universitas Gregoriana, Roma. Ia juga kemudian tugaskan menjadi salah satu anggota “The Italian Theological Conference” (Nothern Area) dan telah pula banyak kali aktif dalam konggres-konggres Ordo Karmel.

Ada yang bertanya, bahasa apa saja yang dikuasai P. Saverio? Dari berbagai informasi diketahui bahwa P. Saverio menguasai beberapa bahasa. Ia juga menjadi dosen di Fakultas Teologi Teresianum. Sampai saat ini, beliau masih mengajar Kristologi dan Antropologi di Fakultas Teologia di Florence.

P. Saverio pertama kali dipilih menjadi Provincial dari propinsi Tuscany pada tahun 2009 ini. Dan pada 20 April 2009 beliau dipilih menjadi Prior General Ordo Karmel OCD, menggantikan yang terkasih P. Luis Aróstegui Gamboa, OCD.

Sekian. Dari berbagai sumber.

John Lebe Wuwur, OCD