Mutiara Sabda Untuk Esok 3

Fr. Pedro Aller, OCD: masakannya tidak kalah kualitasnya dengan restaurant berkelas.
Fr. Pedro Aller, OCD: masakannya tidak kalah kualitasnya dengan restaurant berkelas.

Injil yang akan kita bahas ini diambil dari Yohanes bab 13 ayat 16-20. Baiklah kita baca ayat-ayat penting ini setelah itu mari kita simak pesan-pesan spiritualnya:

Aku berkata kepadamu: “Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya”.

Pelajaran yang dapat kita petik dari kisah pembasuhan kaki adalah pendidikan kerendahan hati dan pelayanan: “maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu”.

Tetapi masih ada pelajaran tambahan; sekalipun tambahan bukan berarti tidak penting. Pelajaran ini tidak sekedar pelajaran moral tetapi lebih dari itu, suatu pelarajan antropologis teologis yang amat dalam. Bukan saja Yesus mengatakan bagaimana seharusnya kita bertindak, Yesus menjelaskan dengan kata dan aksi nyata untuk mengajarkan tentang siapa sebenarnya Tuhan itu. Yesus menekankan sikap ini pada Petrus: “Jika kakimu tidak Ku basuh, maka engkau tidak mendapat bagian dalam Aku”.

Yesus memberikan pelajaran tentang siapa itu Tuhan. Tentang suatu sikap yang sangat mencengangkan, bahwa Tuhan sendiri, datang dan tunduk berlutut di depan manusia lalu… membasuh kaki…. Itu yang menjadi patokan mendasar dalam pelayanan kita. Hanya dengan berlutut, kita dapat mengambil bagian dalam-Nya. Hanya dengan membasuh kaki, melayani dalam kerendahan hati, kita akan mendapat segala kepenuhan rahmat-Nya di sini dan nanti. Berbahagialah kita jika memahami hal ini.

John Lebe Wuwur, OCD