DIALOG DENGAN TERESA

Bagaimana kita dapat berada sebagai saksi-saksi dan pelanjut sejarah dari budaya dan situasi yang beragam dalam dunia kontemporer ini? Demikian tanya P. General OCD, P. Saverio Cannistrá, OCD dalam satu wejangan singkatnya kepada segenap Ordo hanya menjelang satu jam penutupan Sidang Kapitel OCD sedunia di Fatima.

“Hanya dalam dialog dengan Teresa, kita, orang-orang Karmel dari milenium ketiga ini, dapat mengenali jalan yang benar kepada renovasi, yang pada mana setiap kita membutuhkannya, demikian juga Gereja kita dan bahkan dunia kita”.

“Dalam hal ini, Kapitel General mengundang kepada segenap anggota Ordo untuk mencari jawaban akan pertanyaan fundamental ini, dengan pengandaian akan adanya rute jalan pulang melalui tapak-tapak sejarah kita, melalui bacaan dan renungan pribadi juga komunitas dari sumber-sumber tertulis Santa Teresa, sebagai persiapan menuju lima abad kelahiran Santa kita ini. Perayaan 5 abad kelahiran Santa Teresa ini akan kita selenggarakan dalam tahun 2015”, tambah P. Saverio.

“Kepada Anda sekalian, saya minta, bahwa kamu sekalian bersatu dengan kami untuk mengucapkan terima kasih kepada Allah sebab kita telah diijinkan untuk melanjutkan dalam jalan ini, pencaharian akan wajah dan cinta-Nya, dan meminta kepada-Nya agar kita selalu diberikannya kekuatan melalui topangan tangan-Nya yang kuasa dan sentuhan halus Roh-Nya yang Kudus”. Demikian P. General menutup pesan ini.