PESAN AKHIR KAPITEL GENERAL OCD KE 90

Amor a la Patria
Amor a la Patria

Perayaan ekaristi agung yang dirayakan di Kapel biara para Suster Karmel OCD Fatima, menjadi bagian penutup resmi Kapitel General OCD yang ke 90 yang telah dihadiri ratusan anggota yang berasal dari 70 negara di dunia.

“Kapitel yang akan kita tutup adalah rahmat terakhir yang telah diberikan Tuhan kepada kita dan itu adalah janji dari rahmat-rahmat baru dan dari kelimpahan kasih dan cinta-Nya kepada kita”. P. Saverio telah menegaskan hal ini selama homilinya pada misa penutupan ini. Selama Kapitel ini, telah ditekankan P. General bahwa “Roh Kudus telah menuntun kita kepada jalan lain, kita telah diundang untuk menyelami kedalaman keberadaan kita, yakni jalan kerendahan hati dan menghentikan pengetahuan akan diri sendiri. Hal ini banyak kali ditekankan Santa Teresa dari Yesus, bahwa inilah jalan yang perlu demi suatu pengenalan otentik akan Tuhan dan pelayanan yang efektif kepada Gereja”.

Dalam artian ini, P. Saverio merangkum undangan Kapitel untuk enam tahun ke depan kepada; segenap keluarga Karmel: para imam Karmel, para biarawati Karmel dan Karmel Sekular, untuk mulai merenungkan tulisan-tulisan Santa Teresa. Kepada Gereja dewasa ini, kepada pria dan wanita dari zaman kita ini, kita katakan bahwa, kita seharusnya memiliki saat untuk “berhenti”. Berhenti berbicara tentang kebenaran kita sendiri dan sejak sekarang yang kita bicarakan adalah kebenaran ini: yakni Allah itu pencipta sejarah kehidupan dan keselamatan ini dan kita dibimbing untuk hidup sekarang ini dan di sini. Inilah yang akan menjadi titik berat kenabian kita, inilah yang akan menjadi semangat misioner kita, pelayanan dasaria kita kepada Gereja, bukan sebagai fungsionaris-fungsionaris pelengkap bilangan belaka, melainkan sebagai putra dan putri Teresa dari Yesus dan Yohanes dari Salib.

Demikian laporan selama Kapitel General OCD sedunia ke 90 di Fatima Portugal. Inilah partisipasi kami pada Kapitel ini, dari Web Page resmi OCD, kami persembahkan kesan-kesan yang kami anggap penting demi kemajuan Karmel di Indonesia dan kami tulis dalam Blog Carmelitolindonesia ini. Walau kecil dan tak berarti namun harapan kami, semoga bermanfaat bagi kehidupan segenap manusia, khususnya semoga ada sumbangan spiritual bagi bangsaku, Indonesia. Selamat berkarya dan berkat Tuhan menaungi kita sekalian. Sekali lagi, semoga Kapitel ini membawa manfaat bagi kehidupan kita.

Dalam cinta dan damai Tuhan Yesus.

John Lebe Wuwur, OCD