Pesan Minggu Ini

Taman Biara OCD Vitoria
Taman Biara OCD Vitoria

Mari kita renungkan injil 15, 1-8 di hari Minggu ini. Semoga Tuhan membuka hati dan pikiran kita agar meresaplah Sabda suci-Nya.

Sepertinya mencengangkan bahwa Tuhan, dengan kata-kata yang sederhana dan sedikit mampu membuka suatu rahasia ilahi yang begitu dalam.
“Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya”…. Tuhan kita membentangkan alegori ini untuk para rasul pada saat Perjamuan Malam Terakhir. Dengan alegori ini, kita diperkenalkan suatu ciri hidup ilahi. Kepada kita dikatakan bahwa kita disatukan dengan Dia dalam suatu suatu ikatan yang begitu dalam dan kuat dan penting sebagai ranting dan pokok anggur. Gambaran persatuan kita dengan Kristus dalam alegori pokok anggur ini adalah suatu refleski yang indah, yang berakar dari kehidupan Tritunggal. Allah telah mencintai kita dengan cara yang begitu rupa dan membuat kita berpartisipasi pada kodrat keilahian-Nya.
“Akulah pokok anggur…” Betapa kita perlu hidup satu dengan Kristus. Satu dengan Kristus berarti hidup dan hidup dalam kelimpahan. Pisah dengan Kristus berarti ketiadaan hidup, berarti mati. Hidup kita berada dalam tangan kasih-Nya. Amin.