RAHASIA MENGAPAI USIA SERATUS TAHUN

Patung Libery NY
Patung Libery NY

Kiriman Mr. Sam and Mr. Goerge

Olahraga memberikan keuntungan yang besar untuk meningkatkan gairah, ketajaman mental, dan merupakan salah satu faktor untuk hidup sehat hingga usia 100 tahun.
Faktor terbesar yang membatasi seberapa lama umur Anda bukanlah gen, tetapi seberapa baik Anda hidup. Tidak yakin? Sebuah studi yang dipublikasikan di Jurnal Kesehatan Inggris menunjukkan, 20.000 warga Inggris bisa mengurangi separuh risiko terkena stroke dengan melakukan empat langkah berikut, yakni, melakukan aktivitas selama 30 menit sehari, makan buah-buahan dan sayuran lima kali sehari, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.
US News and World Report dalam laporannya Jumat (24/4) menyebutkan, semua ini merupakan beberapa langkah nyata yang dapat dilakukan untuk mendapatkan umur panjang.
Thomas Perls yang meneliti hal tersebut di Boston University School of Medicine yakin, jika Anda diasumsikan tidak memiliki gen yang mengakibatkan penyakit fatal seperti Huntington, maka tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk hidup mandiri secara baik hingga mencapai umur 90-an tahun. Karena itu, melangkahlah terus dengan mengikuti 10 kebiasaan berikut.
Pertama, jangan pernah pensiun. “Fakta menunjukkan, di masyarakat di mana orang berhenti bekerja secara tiba-tiba, maka kegemukan dan penyakit kronis akan terjadi setelah pensiun,” kata Luigi Ferrucci, Direktur Baltimore Longitudinal Study of Aging. Di daerah Chianti di Italia, yang memiliki persentase tinggi orang-orang yang mencapai umur 100 tahun, memiliki cara yang berbeda dalam menikmati waktu luang mereka. “Setelah mereka pensiun, mereka banyak menghabiskan waktu di lahan pertanian dengan menanam anggur atau sayuran. Mereka tidak pernah berhenti bekerja,” paparnya. Singkat kata, lakukan kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan. Misalnya, menjadi guru atau pegawai suka rela di museum.
Kedua, membersihkan mulut setiap hari. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan urat nadi. Penelitian Universitas New York tahun 2008 menunjukkan, membersihkan mulut setiap hari mengurangi jumlah getah yang mengakibatkan penyakit dari bakteri di dalam mulut. Bakteri ini masuk ke jaringan darah dan memicu peradangan di dalam urat nadi, sebuah faktor risiko besar bagi serangan jantung. Penelitian lain menunjukkan, mereka yang memiliki banyak bakteri dalam mulut cenderung mengalami kekentalan dalam aliran darah, tanda lain dari serangan jantung. “Saya kira, orang harus membersihkan mulut sehari dua kali untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam kehidupan mereka,” tandas Perls.
Olahraga
Ketiga, terus bergerak. “Olahraga adalah sumber mata air yang nyata untuk mempertahankan kemudaan,” kata Jay Olshansky, profesor bidang kesehatan dan peneliti masalah penuaan pada Universitas Illinois di Chicago, AS. “Hal ini seperti minyak dan pelumas yang bekerja untuk mobil Anda,” paparnya. Dari berbagai studi yang ada menunjukkan, olah raga memberikan keuntungan yang besar untuk meningkatkan gairah, ketajaman mental, keseimbangan, pelemasan otot, dan tulang. Jangan khawatir jika Anda bukan orang yang keranjingan berolahraga. Mereka yang mendapatkan keuntungan besar adalah mereka yang berangkat dari tidak melakukan apa-apa, dengan berjalan di sekitar tempat tinggalnya atau mal sekitar 30 menit sehari.
Keempat, makan sereal yang kaya akan serat untuk sarapan pagi. Mendapat asupan makanan, khususnya pada pagi hari, membantu menjaga stabilitas tingkat gula darah sepanjang hari. Demikian, penelitian yang dilakukan oleh Ferrucci dan teman-temannya. ” Mereka yang melakukan hal ini memiliki kemungkinan yang kecil terkena diabetes, yang dikenal sebagai pemicu penuaan,” ujarnya.
Kelima, tidur sedikitnya enam jam. “Tidur adalah salah satu hal yang penting bagi tubuh kita untuk mengatur dan memulihkan sel-sel dalam tubuh. Waktu minimum yang dibutuhkan adalah enam jam. Mereka yang mencapai usia 100 tahun menjadikan tidur sebagai prioritas tertinggi,” ujar Ferrucci.
Keenam, Konsumsi makanan bukan suplemen. Bukti-bukti kuat menunjukkan, orang yang memiliki tingkat darah tinggi dalam nutrisi tertentu seperti vitamin C dan E, memiliki umur yang lebih panjang dan memiliki tingkat penurunan otak yang lebih rendah. Sayangnya, tak ada bukti bahwa mereka yang meminum pil yang mengandung nutrisi tersebut mendapatkan manfaat antipenuaan. Sebaiknya, konsumsilah buah-buahan dan sayuran lebih banyak.
Ketujuh, mengatur tingkat stres. “Hasil penelitian kami yang terbaru menunjukkan, orang yang mencapai usia 100 tahun cenderung tidak memasukkan persoalan dalam diri mereka atau tidak terlalu memikirkan persoalan mereka terlalu dalam. Jadi, jika Anda sulit mengatasi masalah yang dihadapi, carilah cara terbaik untuk mengatur tingkat stres. Misalnya, dengan berolahraga, meditasi, atau tariklah napas dalam-dalam untuk beberapa saat ” ujar Perls. Hindarilah mengemil sambil menonton TV atau mabuk-mabukan. Ini sangat jelek.
Menghargai Hidup dan Tubuh
Delapan, Hiduplah seperti penganut Advent hari ketujuh (sorry walaupun anda bukan penganutnya, yang diterapkan adalah praktek hidup sehatnya). Warga AS penganut Advent hari ketujuh rata-rata memiliki usia harapan hidup hingga 89 tahun atau satu dekade lebih lama dibanding rata-rata orang AS. Salah satu hal utama yang dianut mereka, yakni pentingnya menghargai tubuh sebagai pinjaman dari Tuhan. Artinya, tidak boleh merokok, meminum alkohol, atau mengikuti nafsu untuk mengonsumsi hal-hal yang manis secara berlebihan. Para pengikutnya kebanyakan memilih menjadi vegetarian dan mereka sangat fokus kepada keluarga dan kelompoknya.
Kesembilan, jadilah orang yang taat pada kebiasaan. Olhansky mengatakan, mereka yang mencapai umur ratusan tahun cenderung hidup mengikuti pola hidup diet dengan makan makanan yang sama dan melakukan kegiatan yang sama sepanjang hidup mereka. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat menjaga keseimbangan. “Sulit bagi badan Anda untuk bisa memulihkan kembali kondisi jika Anda kurang tidur atau minum terlalu banyak alkohol. Ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memudahkan terkena serangan flu atau bakteri,” jelas Ferrucci.
Kesepuluh, tetaplah bersosialisasi dengan teman-teman dan orang-orang yang dikasihi. Memiliki hubungan rutin dengan teman-teman dan orang yang dikasihi merupakan kunci menghindari depresi, yang bisa menjadi pemicu meninggal dini, sesuatu yang biasanya terjadi pada janda atau duda yang sudah tua. Memiliki hubungan atau berinteraksi dengan teman-teman atau anggota keluarga memberikan manfaat tambahan bagi orang tua untuk mendapatkan seseorang yang bisa juga memperhatikan mereka.