AMAT PENTING: PERSAUDARAAN DALAM KARYA

P. General dan para pastor defenitor General OCD
P. General dan para pastor defenitor General OCD

Pada akhir sesi pertemuan para defenitor general OCD, telah dikirimkan suatu surat komunio dan komunikasi kepada segenap Ordo. Surat ini mengekspresikan sikap persaudaraan di dalam anggota Ordo. Persaudaraan sebenarnya merupakan suatu rahmat Allah, juga persaudaraan yang sama yang harus selalu diusahakan dan dikejar sebagai suatu tujuan. “Persaudaraan ini, kita hidupi dan kita minta untuk selalu dihidupi. Tentunya, persaudaraan kita ini pertama-tama bukan suatu karya manusia semata, melainkan suatu rahmat Allah yang seterusnya kita bagikan kepada sama saudara dan saudari. Semangat persaudaraan itu, kita alami dalam saling membantu, saling mengulurkan tangan dalam pelbagai bidang tugas, dari ‘Casa General’ ini sampai kepada setiap anggota Ordo”.

Mengamati pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dalam dunia dewasa ini, maka dipikirkan suatu kondisi saling pengertian yang lebih akurat dalam relasi antara departemen-departemen di Rumah General dan segenap perangkat kerja Ordo di daerah-daerah. Untuk itu, telah diundang ahli hukum Gereja, P. Domingo Andrés, CMF, untuk memberikan bimbingan kepada para defenitor dalam soal dimaksud.

Soal yang juga perlu mendapat perhatian adalah situasi ekonomi dalam Ordo dan situasi aktual Delegasi Israel dan Mesir. Delegasi ini memerlukan perhatian khusus kita. Selanjutnya, ada pun telah ditetapkan pembagian tugas untuk para Defenitor. Ada 6 sektor yang harus ditangani oleh 8 defenitor General kita.

1. Ekonomi : P. Marcos Juchem dan P. John Grenan.
2. Biarawati OCD : P. Alberto Wach dan P.Robert Paul.
3. Formasi : P. Agustin Mulloor.
4. Kebudayaan : P. Emilio Martínez.
5. Misi : P. Peter Chung dan P. George Tambala.
6. Karmel Sekulir : P. Peter Chung.

Juga ditetapkan pembagian tugas kerja menurut wilayah geografis. (Pater General akan mengadakan kunjungan pastoral pada wilayah-wilayah kerja para defenitor ini).

1. Vikaris Ordo dan Defenitor Pertama ( menangani wilayah Italia, Spanyol dan Portugal) : P. Emilio Martínez.
2. Wilayah Eropa Tengah dan Eropa Timur : P. Alberto Wach.
3. Wilayah India dan Sri Lanka : P. Agustin Mulloor.
4. Wilayah Prancis, Belgia, Swiss, Swedia, Timur Tengah dan Quebec : P. Robert Paul.
5. Wilayah Amerika Latin dan kepulauan Karibia : P. Marcos Juchem.
6. Wilayah Asia Timur, Indonesia, Vietnam dan Australia : P. Peter Chung.
7. Wilayah Afrika, Madagaskar dan pulau-pulau di Samudra India : P. George Tambala.
8. Wilayah Britania Raya, Irlandia, Belanda, Malta, Amerika Serikat dan Kanada (berbahasa Inggris) : P. John Grenan.

Semoga bermanfaat.