ASTRONOUT “TERESIANO” DI TERIMA PAUS

Atronout Ronald Garan
Atronout Ronald Garan

RONALD GARAN, astronout America Serikat, menjadi perhatian publik di Roma, lantaran turut dalam barisan audensi ke Bapa Suci. Ia ingin berbicara secara pribadi dengan Paus. Ronald Garan (RG) adalah komandan salah satu unit pasukan America Serikat yang pada 31 Mei sampai 14 Juni 2008 turut berpartisipasi dalam operasi penempatan modul luar angkasa Jepang, “KIDO” (harapan) di Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Satu hal yang amat penting bagi kita (Karmelitas) adalah bahwa RG membawa serta relikwi santa Teresia dari Kanak-kanak Yesus (Teresita) dalam “ziarah” luar angkasanya. Lebih mengesankan bahwa ketika harus berjalan di angkasa dari Stasiun menuju pesawat ulang alik Discovery, RG membawa serta relikwi tersebut dan menjadi “sahabat”nya di luar angkasa.

Ide untuk membawa relikwi santa Teresita ini dicetuskan oleh para biarawati Karmel OCD di New Caney – Texas- USA. Saat RG meminta bantuan doa untuk kesuskesan misi tersebut, para biarawati itu meyakinkan bawa Santa Teresita pasti membantu karya ini, lantaran beliau juga memiliki kehendak yang kuat untuk karya misi apostolik. Demikian santa Teresita pernah menulis: “Saya memiliki panggilan sebagai seorang rasul… saya ingin berkeliling dunia, mewartakan nama Yesus dan menancapkan salib-Nya yang mulia dalam dunia yang semakin tidak setia pada sabda-Nya. Cintaku, saya tak akan pernah puas jika hanya berkarya dalam satu misi ini. Saya ingin mewartakan Injil-Mu sekaligus untuk lima benua, bahkan saya ingin menggapai pulau yang paling terpencil. Saya ingin menjadi misionaris, bukan hanya untuk satu tahun…. bukan itu saja…. Saya ingin menjadi misionaris sejak awal penciptaan dunia hingga pada kesempurnaannya nanti.

Astronout ini, Ronald Garan bersama keluarganya mendirikan sebuah lembaga cinta kasih bernama: “Manna Energy Foundations”. Lembaga ini bekerja bersama dengan NASA dan dengan bantuan keuangan PBB membangun pabrik-pabrik air minum di Rwanda-Afrika. Mereka juga bekerja keras membangun instalasi listrik tenaga surya pada pelbagai sekolah dan Rumah Sakit.

John Lebe Wuwur (dari Communicaciones OCD)