MISTIK….APA ITU ….

Trenvia atau Kereta Listrik yang menjadi angkutan umum di kota Vittoria-Spanyol
Trenvia atau Kereta Listrik yang menjadi angkutan umum di kota Vittoria-Spanyol

Istilah mistik bisa ditelusuri ke beberapa kata dalam bahasa Yunani. Pertama, kata mio yang berarti menutup mata. Kita kenal kata miope yang berarti orang yang tidak bisa melihat kalau tidak berada sedemikian dekat. Orang seperti ini mempunyai cacat penglihatan. Kata mio mempunyai kaitan dengan kemampuan melihat. Cakupannya ialah orang yang secara dekat melihat, memandang ke dalam diri sendiri; maka istilah mistik bisa berarti usaha menyelami, melihat yang di dalam diri.
Kedua, kata myeo yang berarti mengantar ke dalam dunia misteri; seperti orang yang mau memasuki ruang gelap. Di sini dibutuhkan orang yang biasa masuk dalam ruang itu untuk membimbing orang lain masuk ke dalamnya. Maka istilah mistik di sini berarti usaha bersama untuk mengalami misteri-misteri.

Pengalaman mistik adalah pengalaman yang melampaui pengalaman harian ( ada segi transcendental dalam pengalaman itu). Salah satunya adalah pengalaman pribadi, pertemuan dengan Yang Ilahi. Pengalaman ini berusaha menyentuh atau bahkan bersatu dengan Yang Ilahi atau Yang Maha Dalam (unio mystica). Usaha itu bisa mencakup: matiraga (askese), bertapa (menyendiri) dan meditasi (merenung). Pengalaman mistik bisa berupa: vision, ekstase (keadaan tak sadarkan diri karena diisi oleh Yang Ilahi), peramalan (kenabian), elevasi (pengangkatan dll). Semoga bermanfaat.